Infest Yogyakarta

Memperluas pengetahuan MDS, infest gelar pelatihan di Imogiri

Cover Image for Memperluas pengetahuan MDS, infest gelar pelatihan di Imogiri
Proses Fasilitasi

Proses Fasilitasi

Cengkehan– Untuk memperluas cakupan program Sistem Informasi Warga (SIWA), infest mengadakan pelatihan Mengenal Desa Sendiri (MDS) di Dusun Cengkehan Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Bantul (15/06/2009). Pelatihan ini diikuti oleh 15 peserta dari elemen pemuda di lingkungan Dusun Cengkehan. Acara yang berlangsung 1 hari ini merupakan pelatihan paket pertama dari 3 pelaihan yang direncanakan.

Pada pelatihan pertama ini diskusi diarahkan untuk memperkenalkan MDS kepada pemuda di lingkungan dusun cengkehan. MDS rencananya akan digunakan sebagai pendekatan yang digunakan oleh pemuda di dusun ini untuk melakukan pemetaan spasial lingkungan dusun dan pedesaan. Pemeataan yang direncanakan akan mencakup pelbagai aspek, seperti ekonomi, geografis, kebencanaan, kesenian, kebudayaan, dll.

“Kegiatan ini dilakukan secara mandiri,” ungkap Roifi, salah sau penggiat kepemudaan di Dusun Cengkehan. “Kegiaan ini dilaksanakan secara swadaya oleh pemuda lokal dengan dukungan infest sebagai lembaga penyedia layanan pengetahuan, “tambahnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di sanggar belajar Dusun Cengkehan ini diisi dengan rangkaian materi pengenalan MDS dan simulasi pemetaan spasial pedesaan. Melalui simulasi pemetaan spasial, para pemuda mencoba memetakan apsek-apsek pedesaan dari sisi dengan menggunakan pedekatan umum potensi, kelemahan, ancaman dan peluang (PKAP) yang lebih dikenal dengan istilah SWOT.

Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi kelompok terarah (DKT) untuk membuat pemetaan sistematis persoalan-persoalan di sekitar lingkungan cengkehan. Pemetaan ini menghasilkan beberapa rekomendasi penyelesaian persoalan pedusunan cengkehan. dalam sesi penutupan ini juga dibuat kesepakaan dan perencanaan bersama paket pelatihan selanjutnya yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2009. (irsyad)


Related Articles