Infest Yogyakarta

BBI 8, Penginderaan Bencana Melalui Pengawinan Media

Cover Image for BBI 8, Penginderaan Bencana Melalui Pengawinan Media

Yogyakarta– Kegiatan belajar bersama infest (BBI) ke delapan (03-07-09) digelar untuk memperkuat kapasitas pemuda Wonolelo dalam pengorgaisasian dan pengelolaan informasi kebencanaan. BBI 8 diikuti oleh  para pegiat Forum Warga Bantul dan radio komunitas Suara Dusun Wonolelo (Sadewo). Kegiatan yang dilangsungkan sehari ini bertujuan untuk mempersiapkan sistem penginderaan dan penginformasian kebencanaan bagi  masyarakat wonolelo melalui pengawinan media.

Dalam BBI 8 turut dikembangkan pula sebuah portal informasi kebencanaan dengan alamat http://siagabencana.forumwarga.net. Portal ini akan berfungsi sebagai pusat informasi kebencanaan di Desa Wonolelo. Sistem pengelolaan kebencanaan yang direncanakan di Desa Wonolelo akan berupa pengawinan media-media konvensional dan baru secara bersamaan. Melalui pendekatan ini Radio Komunitas, internet, Selebaran, pertemuan dan layanan pesan singkat (SMS) gateway akan digabungkan menjadi sebuah sistem yang secara utuh mendukung penyadaran dan penginderaan kebencanaan.

Menurut Marjudin, Direktur Radio Sadewo, pembangunan sistem informasi ini akan mendkung proses pendidikan kebencanaan di Wonolelo yang dirasa masih sangat kurang.

“Kami menyambut positif rencana pembangunan sistem penginderaan bencana ini,” ungkap Marjudin.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Combine Resource Institution (CRI) ini berlangsung sederhana selama 1 hari. Kegiatan ini dilanjutkan dengan evaluasi proses pendokumentasian pusaka pedesaan oleh Forum Warga Bantul yang juga difasilitasi oleh infest. (Irsyad)


Related Articles