Infest Yogyakarta

AirPutih dan Infest Gagas Pesantren Goes Open Source 2011

Cover Image for <!--:in-->AirPutih dan Infest Gagas Pesantren Goes Open Source 2011<!--:-->

Salah satu bentuk untuk menciptakan ekosistem open source di dunia pendidikan Yayasan AirPutih bekerjasama dengan Infest Yogyakarta menggagas sebuah kegiatan yang bertajuk Pesantren Goes to Open Source yang diselenggarakan pada tanggal 29-30 Oktober 2011 di Laboratorium Terpadu Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, tak tanggung dalam kegiatan lokakarya open source ini diikuti sekitar 35 peserta berasal dari pesantren yang tersebar di Yogyakarta.

Lokakarya ini terbagi menjadi 2 kelas dengan materi yang berbeda, diantaranya kelas dasar dan kelas lanjutan. Pada kelas dasar para peserta pelatihan diberikan materi-materi mengenai pengenalan perangkat lunak kode sumber terbuka, kelebihan dan kelemahannya, hingga pemahaman peran penting digunakannya perangkat lunak kode sumber terbuka di lingkungan akademik (pendidikan). Sedangkan pada kelas lanjutan, para peserta diberikan materi mengenai bagaimana dan manajemen pengembangan perangkat lunak kode sumber terbuka, para peserta juga diberikan materi pengenalan Bazaar (BZR) sebagai salah satu perangkat yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak kode sumber terbuka.

Harapan dari terselenggaranya kegiatan ini adalah para peserta yang terdiri dari para kalangan akademisi di dunia pesantren mendapat pemahaman mengenai penggunaan perangkat lunak legal melalui pemanfaatan perangkat lunak kode sumber terbuka, serta munculnya para pengembang perangkat lunak kode sumber terbuka dari lingkungan pesantren.(SA)

Dikutip dari Http://airputih.or.id


Related Articles